PTBA Tingkatkan Penjualan Batubara kalori tinggi jadi 3,8 ton

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus mensiasati tren penurunan harga batubara yang sedang terjadi saat ini. Salah satunya dengan melakukan penjualan lebih banyak untuk produk batubara dengan spesifikasi kalori lebih tinggi (high cv).

Direktur Niaga PTBA, Adib Ubaidillah mengatakan, untuk produk PTBA berdasarkan kalori paling rendah itu disekitar 4.800 GAR, sedangkan untuk high cv ada di atas 6.100 GAR. Menurutnya, dari sisi harga jual, high cv punya harga yang jauh lebih baik dibandingkan dengan low cv, sehingga margin penjualan tentunya akan lebih tinggi.

“Kuartal I 2019 ini kami sudah jual high cv sekitar 500.000 ton. Ini meningkat jauh dibandingkan tahun lalu yang secara full year kami jual hanya 700.000 ton. Tahun ini kami targetkan penjualan high cv bisa tembus 3,8 juta ton dengan pasar utamanya ke Jepang,” ujar Adib di Jakarta, Rabu (24/4).

Pun, pihaknya tengan terus menjajal pasar baru guna memasarkan produk batubara terutama di Asia Tenggara seperti di Vietnam, Myanmar dan Kamboja. Terkait ekspor ke Cina, menurutnya hingga saat ini belum ada, dikarenakan secara stok, Cina masih menyimpan cukup banyak cadangan batu bara dan spesifikasi yang mereka minta cukup rendah yakni 4.200 GAR, dimana PTBA hanya memproduksi minimal 4.800 GAR.

Akibat dari peningkatan produksi batubara high cv tersebut, beban operasional perusaan akan sedikit meningkat itu dikarenakan penggalian high cv jauh lebih dalam dibandingkan dengan low cv. Itu pula tercermin dari stripping rasio yang meningkat menjadi 4,3 di kuartal I 2019 ini jika dibandingkan dengan tahun lalu 4,2. Untuk setahun penuh diprediksi bisa mencapai 4,8.

Sumber : Kontan.co.id