processing..
HOT NEWS
Services - ASPINDO (Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia)
CODE ETHICS & CORE VALUE

KODE ETIK ASPINDO

Sebagai bagian dari pelaku usaha nasional maka ASPINDO memiliki peran penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan tujuan nasional yaitu mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta menjadikan Indonesia setara dengan bangsa lain melaui pengelolaan sumber daya manusia yang terencana dan terpadu. Perkembangan industri pertambangan yang semakin maju dan persaingan yang ketat memerlukan nilai-nilai dan norma yang menjadi acuan anggota ASPINDO menjadi lebih baik dan memiliki citra yang baik di masyarakat. Nilai dan norma tersebut akan menjadi acuan dalam menentukan pelayanan dan praktik terbaik yang disertai tanggung jawab dalam melindungi kepentingan umum maupun pemanfaatan sumber daya yang berkesinambungan untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bangsa serta negara.
ASPINDO merupakan asosiasi yang memiliki perusahaan anggota yang bergerak dalam usaha jasa pertambangan dengan berbagai ragam kemampuan dan keahlian harus dapat memberi kepastian perlindungan bagi para pemangku kepentingan yang memerlukan kemampuan dan keahlianya. Nilai dan norma yang dibuat dalam rangka jaminan kualitas, jaminan perlindungan, kemampuan mengatur keanggotaanya dan menjaga praktik yang baku serta baik perlu dituangkan dalam bentuk Kode Etik Asosiasi. Kode Etik tersebut merupakan acuan asosiasi dalam membangun profesionalisme anggotanya untuk selalu melakukan tindakan terpuji, menjaga citra perusahaan jasa pertambangan baik kepada pihak yang membutuhkannya dan masyarakat maupun sebagai acuan penegakan kepatuhan bagi anggota maupun asosiasi.

Butir-butir Kode Etik ASPINDO diuraikan sebagai berikut :
1. Menjunjung tinggi dan melaksanakan kegiatannya sesuai dengan kaidahperlindungan keselamatan dan 
keamanan kerja, perlindungan lingkungan, pembangunan berkelanjutan, penggunaan sumber daya alam 
secara bijak dan melindungi kepentingan umum dan atau pihak yang berhubungan dengannya.
2. Dalam pelayanan jasa pertambangan harus mengedepankan kejujuran, keadilandan integritas serta melaksanakan praktek pertambangan yang baik " good mining practice dan pengelolaan perusahaan yang baik " good corporate governance.
3. Selalu dan senantiasa melakukan persaingan yang sehat. Dalam mendapatkanpekerjaan atau kontrak kerja harus dihindarkan tindakan yang menyebabkanpersaingan tidak wajar atau melakukan tender yang tidak adil serta praktek bisnis yang tidak terpuji.
4.Hanya melakukan pekerjaan sesuai dengan kompetensi teknikpengalaman danjuga adanya tenaga ahli yang sesuai dengan kompetensi teknis yang telah disepakatidalam perjanjian kerja atau kontrak.
5. Membangun dan mengembangkan standar praktis yang baik termasuk jugaharus menyediakan pelayanan dan material yang sesuai dengan standar yang diterima dalam industri pertambangan, aturan dan hukum yang berlaku sertadilakukan secara kompeten, kesungguhan, perhatian yang seharusnya dan biaya yang wajar.
6. Selalu menghindari adanya konflik kepentingan antara perusahaan danindividu. Selalu menjunjung transparansi dan menjelaskan kepada pihak yang berkepentingan apabila dalam pelaksanaa pekerjaan memiliki kemungkinan akanterjadinya konflik kepentingan baik yang melibatkan perusahaan maupun karyawan secara langsung ataupun tidak langsung.
7. Menjaga citra perusahaan jasa pertambangan dan mempromosikan kepadamasyarakat dengan menjunjung tinggi standar praktek yang baik dengan caraterhormat serta bermartabat.
8. Mematuhi, melaksanakan kewajiban dan memenuhi standar aturan dan hukumserta selalu menghormati nilai-nilai dan kepemilikan masyarakat ditempat bekerja atau melakukan kegiatan.
9.Membantu dan memberikan informasi dalam penegakan hukum sesuai dengankemampuan dan kompetensinya termasuk membantu perusahaan anggota sepenuhnya sesuai dengan peraturan dan norma yang berlaku. Perusahaan anggota juga diharapkan membantu perusahaan anggota lainnya sesuai kapasitas yang dimiliki dan sesuai peraturan dan norma yang berlaku.
10. Setiap perusahaan anggota memiliki kewajiban mengingatkan perusahaananggota lainnya dalam kepatuhan terhadap nilai-nilai, norma-norma dan kode yang ditetapkan asosiasi. Bila terjadi penyimpangan yang dilakukan perusahaan anggota yaitu tidak melakukan kepatuhan atau melakukan pelanggaran terhadap kodeasosiasi , maka wajib  melaporkan kepada asosiasi.

CORE VALUE

Core Value atau yang populer disebut NILAI INTI  merupakan nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh setiap perusahaan anggota dan keluarga besar ASPINDO yang menjadi dasar sekaligus sebagai pedoman dalam bekerja, bersikap, bertutur kata dan berperilaku.

Penjabaran Core Value A-S-P-I-N-D-O

A: Ability            - Kemampuan yaitu setiap insan ASPINDO dapat melaksanakan kegiatannya dengan

   standar yang tinggi sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan

S : Services      - Kegiatan yang diberikan merupakan bentuk pelayanan terbaik, bermanfaat dan tulus 

P : Professional - Kegiatan pelayanan yang diberikan berdasarkan keahlian sesuai bidangnya 

I : Integrity         - Kegiatan pelayanan yang dijalankan berdasarkan KEJUJURAN  

N : Nationalist    - Kegiatan yang diadakan selalu berorientasi pada kepentingan bangsa/nasional

D : Dynamic      - Kegiatannya senantiasa bergerak dengan semangat

O : Objective     - Kegiatannya berdasarkan sikap pandang yang seimbang tanpa didasarkan sikap

  pandang pribadi 

 

Dapatlah disimpulkan, ASPINDO merupakan asosiasi yang berkemampuan memberikan pelayanan professional dengan integritas, objektif, dinamis dan semangat nasional.

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch
Loading

PARTNERS

STATISTIC

WEBMAIL

aspindo