processing..
HOT NEWS
News - ASPINDO (Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia)
NEWS

Mei 2012, Tambang Mulai Dibatasi

BALIKPAPAN - Executive Director Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo) Susanto Joseph mengatakan, sudah saatnya tambang dan energi digunakan bagi kemakmuran rakyat. Karena saat ini, berbicara tambang sama dengan bicara soal pertumbuhan ekonomi.Menurut Joseph pada press conference di Violan Room Hotel Aston Balikpapan, Kamis (12/4), pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar 6,5 % sampai 6,7 % di atas pertumbuhan ekonomi dunia yang ada di angka 3 %. "Kamboja yang sebelumnya pertumbuhan ekonominya di bawah Indonesia, kini melampaui menjadi 6,8 %, begitu juga Laos dengan pertumbuhan 7,8%," katanya.
Read More »

Buldozer cs Dikenai Pajak, Pengusaha Gugat UU ke MK (16/2/2012)

Jakarta Sepeda motor dan mobil dikenai pajak sudah lumrah. Tetapi jika alat berat seperti buldozer, backhoe, dumptruck, grader, traktor dikenai pajak, pengusaha pun meradang karena alat berat tersebut tidak menggunakan jalan umum layaknya kendaraan lain.Oleh sebab itu, para pengusaha mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) meminta UU Pajak atas alat berat tersebut dicabut."Kami keberatan dengan penarikan pajak terhadap alat-alat berat," kata kuasa hukum pemohon, Ali Nurdin, kepada wartawan, Kamis (16/2/2012).
Read More »

Aspindo Keberatan Pengenaan Pajak Alat Berat di Kaltim

JAKARTA. Asosiasi Jasa Penunjang Pertambangan Umum Indonesia (Aspindo) menyayangkan kebijakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) yang mengenakan pajak alat berat sebesar 0,5% dari harga alat tersebut.Susanto Joseph, Direktur Eksekutif Aspindo menegaskan setidaknya ada 50 perusahaan bergerak di bidang alat berat yang beroperasi di Kalimantan Timur akan merasakan dampak dari kebijakan tersebut.


Read More »

Pengusaha Protes Alat Berat Kena Pajak Kendaraan Bermotor

Jakarta - Pengusaha Jasa Pertambangan protes alat berat dikenakan pajak kendaraan bermotor layaknya kendaraan pribadi oleh pemerintah daerah. Padahal pemerintah pusat menjamin kendaraan alat berat tak kena pajak.Ketua Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo) Tjahyono Imawan mengungkapkan terdapat masalah koordinasi antar pemerintah mengenai pengenaan pajak untuk alat berat yang digunakan untuk usaha pertambangan dan usaha lainnya.
Read More »

Birokrasi Izin Pertambangan Berbelit, Pengusaha Jadi Malas Investasi

Jakarta - Para pelaku usaha jasa pertambangan di Indonesia sedang dihadapkan dengan permasalahan mengenai mekanisme izin usaha dan sertifikasi jasa pertambangan yang dinilai makin berbelit birokrasinya.Penyebab ketidakpastian para pelaku usaha jasa pertambangan terkait izin tersebut adalah sejak diterbitkannya Permen (Peraturan Menteri) No. 28 tahun 2009. Dari peraturan tersebut, pengurusannya telah memakan waktu hampir 12-14 bulan.
Read More »

Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch
Loading

PARTNERS

STATISTIC

WEBMAIL

aspindo